Beranda » Uncategorized » artikel perlunya pembelajaran komputer di usia dini

artikel perlunya pembelajaran komputer di usia dini

Perlunya Pembelajaran Komputer di Usia Dini.

Menurut  wawancara saya terhadap tiga guru yang berbeda dan sekolah yang berbeda di kabupaten padang pariaman, bahwasanya pembelajaran komputer di usia dini pada saat sekarang ini sudah diperlukan. Namun, pembelajaran komputer tersebut tidak belajar mengenai Microsoft office, melainkan pengenalan perangkat software dan hardware pada anak. Selain itu, pembelajaran komputer juga ditujukan pada game yang dapat mengembangkan seluruh aspek pada perkembangan anak. Seperti, perkembangan motorik halus anak, kognitif, bahasa, soaial emosional, dan seni.

Menurut guru yang saya wawancarai itu, salah satunya Riri Anggraini Guru Kelas TK B di TK Karya Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Ia menyatakan pembelajaran komputer di TK tersebut masih pengenalan, belum merujuk kepada program di komputer tersebut.

Sedangkan menurut Elvi Marlina, Guru Kelas TK B1 di TK Harapan Kita Tanjung Aur Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman . Ia menyatakan pembelajaran Komputer di usia dini sudah diperlukan. Dan yang dibelajarkan adalah pengenalan komputer nya.

Dan menurut Asnila Maryanda Guru TK B di TK Alami Kandang Tarok Pakandangan Kabupaten Padang Pariaman, ia juga menyatakan pembelajaran komputer hanya pengenalan melalui game. Namun di TK ini menggunakan komputer tutor, yaitu komputer yang seperti laptop tapi layar monitornya disambung melaui TV.

Dari ke tiga wawancara tersebut terdapat kesimpulan. Bahwasanya pembelajaran komputer di usia dini pada saat sekarang sudah diperlukan. Karna Komputer kini tengah menjadi salah satu media pembelajaran untuk anak usia dini. Dengan pembelajaran  komputer di Taman Kanak-kanak, anak dapat belajar mengenai huruf, angka, warna, bentuk geometri dan sebagainya. Dalam proses belajar komputer, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi.

Pakar pendidikan sekaligus guru besar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Arief Rahman, menyatakan saat ini komputer merupakan sarana pelengkap pendidikan anak-anak. Tak ada salahnya untuk memperkenalkannya secara dini. “Tidak ada batasan umur untuk mempelajari komputersejak usia dini karena yang menjadi patokan adalah keterampilan dan kematangan berpikir si anak. Namun, disini perlu diingat pengawasan orang tua terhadap anak pada saat dia belajar komputer. Dan hendaknya orang tua harus memberikan program-program yang sesuai dengan usia anak. Agar manfaat belajar komputer tetap berjalan dan menghindari sisi negatifnya pada saat anak belajar komputer.

 

,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: