Beranda » Uncategorized » bermain adalah dunia anak

bermain adalah dunia anak

Bermain adalah dunia anak

Para pakar mengatakan dunia anak adalah dunia bermain. Menurut pendidik dan ahli psikologi, bermain merupakan pekerjaan masa kanak-kanak dan cermin pertumbuhan anak. Melalui bermain anak memperoleh pembatasan dan memahami kehidupan.  Dalam kehidupan anak, bermain mempunyai arti yang sangat penting yaitu dapat membuat anak sehat karna adanya dorongan gerak yang aktif dalam bermain.

Bermain juga merupakan proses belajar yang menyenangkan. Karena dapat membantu anak untuk mengenal dunianya, mengembangkan konsep-konsep baru, mengambil resiko, meningkatkan keterampilan social dan membentu prilaku.

Bermain membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak prasekolah usia 4-6 tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik fisik, intelektual, bahasa, social, dan emosisonal mereka tumbuh dan berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan yang muncul pada usia tertentu hendaknya menjadi perhatian guru dalam membuat perencanaan kegiatan bermain. Perbedaan-perbedaan yang ada pada anak patut pula dihargai guru.

Melalui kegiatan bermain anak dapat melakukan koordnasi otot kasar, dapat mengembangkan kemampuan kognitif, mengembangkan kreativitas, melatih kemampuan bahasa, meningkatkan kepekaan emosi, dan mengembangkan kemampuan sosialnya.

Arti bermain bagi anak, yaitu :

  1. Bermain itu belajar

Maksudnya belajar dari segi anak bereksperimen. Dengan eksperimennya itulah anak dilatih untuk mampu memecahkan masalah seperti mengamati tanaman tumbuh. Anak berfikir kenapa tanaman itu bisa tumbuh, mengapa tanaman itu bisa berbuah, dan lain sebagainya. Dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut anak mempunyai rasa ingin tahu untuk menyelidikinya.

 

 

  1. Bermain itu bergerak

Sebagian besar bermain itu adalah bergerak. Kenapa? Karna anak selalu menggunakan motorik kasar dan halusnya. Misalkan anak bermain bola dengan temannya, atau anak bermain play dough.

 

  1. Bermain itu membentuk prilaku

Dalam membentuk prilaku, anak dilatih untuk mensyukuri ciptaan tuhan, membedakan sikap yang baik dan buruk, mencintai lingkungan, menjaga keamanan diri, dan melatih kejujuran pada anak.

Fungsi bermain  bagi anak :

  1. Mempertahankan keseimbangan
  2. Menghayati berbagai pengalaman yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari
  3. Mengantisipasi peran yang akan dijalani dimasa yang akan dating
  4. Menyempurnakan keterampilan-keterampilan yang dipelajari
  5. Menyempurnakan keterampilan memecahkan masalah
  6. Meningkatkan keterampilan berhubungan dengan anak lain

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: