Beranda » Uncategorized » hakikat belajar pada AUD

hakikat belajar pada AUD

hakikat belajar pada anak usia dini

Belajar merupakan upaya untuk menguasai sesuatu yang baru serta perubahan prilaku dari individu yang relative permanen karena suatu pengalaman, bukan karena kematangan biologis semata.

Dari pengertian diatas, berarti konsep belajar pada anak usia dini ada dua hal yang terpenting, yaitu :

  1. Mengalami

Belajar adalah suatu atau serangkaian aktivitas yang dialami seseorang melalui interaksinya dengan lingkungan interaksi tersebut mungkin berawal dari factor yang berasal dalam atau dari luar diri sendiri. Dengan terjadinya interaksi dengan lingkungan, akan menyebabkan munculnya proses penghayatan dalam diri individu ersebut, akan memungkinkan terjadinya perubahan pada yang bersangkutan.

  1. Perubahan

Proses yang dialami seseorang baru dikatakan mempunyai makna belajar, badan menghasilkan perubahan dalam diri yang bersangkutan, esensi dari perubahan ialah adanya yang baru. Dia mungkin bahagia dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik, dapat menjaga kesehatan dengan lebih baik atau dapat menulis dan berbicara dengan efektif.

Makna perubahan disini berarti arah yang sejatinya dari peristiwa belajar. Seseorang belajar karena menghendaki perubahan. Kalau diri tidak ingin beubah, maka tidak perlulah belajar, begitu juga sebalikya, kalau merubah diri ke yang lebih baik maka belajarlah.

Perubahan yang dimaksud adalah :

  • Dari tidak tahu menjadi tahu (perubahan pengetahuan)
  • Dari tidak bisa menjadi bisa (perubahan cara berfikir)
  • Dari tidak mau menjadi mau (perubahan prilaku)
  • Dari tidak biasa menjadi terbiasa (perubahan prilaku)

Empat arti perubahan ini merupakan fenomena tingkah laku individu yang saling mempengaruhi  dengan kesadarannya, apa yang ia tahu, bisa, mau dan terbiasa merupakan isi pokok tingkah laku individu secara terkendali dan menjadi penentu bagi arah, aspek dinamik, dan capaian dari tingkah laku itu.

Teori belajar pada anak usia dini

Teori belajar pada anak usia dini merupakan suatu pemikiran ideal untuk menerangkan apa, bagaiman, dan mengapa belajar itu, serta persoalan lain tentang belajar pada anak usia dini.

Tujuan teori belajar pada anak usia dini  adalah

  • Untuk menyusun kegiatan pembelajaran
  • Untuk mendiagnosa problem yang muncul dikelas
  • Untuk mengevaluasi hasil belajat
  • Sebagai kerangka penelitian

Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini sebaiknya didasarkan atas teori belajar dan berbagai hasil penelitiann tentang belajar anak. Begitu pula untuk mengatasi suatu persoalan yang muncul dikelas, seperti adanya anak yang pemalu, tidak mau ditinggal orang tuanya,atau nakal, guru perlu menggunakan acuan teori belajar, misalnya teori classical conditioning. Teori belajar juga diperlukan untuk mengevaluasi hasil belajar.

Sebagai contoh, untuk mengukur perkembangan kognitif anak, guru dapat menggunakan teori perkembangan kognitif dari piaget. Untuk mengembangkan ilmu PAUD diperlukan penelitian. Penelitian harus memiliki kerangka teoritik yang diantaranya ialah teori belajar anak. Oleh karena ituteori belajar merupakan kerangka penelitian pada PAUD.

Secara garis besar ada dua macam teori belajar yaitu behavioral learning theory (teori prilaku) dan cognitive larning theory (teori kognitif). Teori prilaku memandang bahwa belajar adalah perubahan prilaku yang dapat diamati dan dapat diukur. Teori ini tidak menjelaskan perubahan secara internal yang terjadi didalam diri anak, seperti bagaiman otak bekerja. Teori ini dapat digunakan untuk memprediksi dan mengontrol perubahan prilaku anak.

Teori kognitif menggunakan perubahan prilaku anak untuk menerangkan perubahan yang terjadi di dalam diri anak.  Teori ini lebih banyak membahas bagaimana otak memperoleh, mengolah, dan menggunakan i.nformasi untuk berfikir


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: