Beranda » Uncategorized » kasih sayang dan kelembutan

kasih sayang dan kelembutan

Kasih sayang dan kelembutan

Kasih sayang merupakan salah satu sisi yang paling indah dalam hidup kemanusiaan.

Kasih sayang adalah fitrah kemanusiaan. Kasih sayang dimanifestasikan melalui komunikasi dan perlakuan yang bernuansa kelembutan.

Kasih sayang merupakan pancaran cinta seseorang kepada orang lain atau kepada subyek atau obyek apapun yang dikehendaki.

Dalam bagan ini dijelaskan bahwa kondisi mencintai yang dikaitkan dalam kehidupan anak bahwa subyek yang mencintai itu  akan terarah pada subyek yang dicintai dengan memiliki  :

  • perasaan positif terhadap pihak yang dicintai

perasaan ini berupa anak menyukai, menyenangi, dan membuat orang yang dicintainya bahagia.

  • berusaha memenuhi kebutuhan pihak  yang dicintai
  • berusaha membuat perasaan senang kepada yang dicintai.

Ksih sayang diberikan guru kepada siswanya dengan persaan positif yang berusaha memnuhi kebutuhan peserta didik, menumbuhkan rasa senang, memberikan kesempatan atau kebebasan diri dan sikap yang bisa mengendalikan diri.

GambarKasih sayang merupakan pancaran cinta pertama yang ditampilkan oleh pendidik. Karena dengan tampilan kita sebagai seorang guru, maka anak juga dipenuhi limpahan kasih sayang dalam pengembangan dirinya secara menyeluruh, yang sedapat-dapatnya berlansung sejak periode yang paling dini.

Dengan memberikan kasih sayang yang tulus, maka potensi anak akan berkembang. Tanpa kasih sayang dari guru ke anak, maka arah internalisasinya yang penuh dengan kebebasan dan kemandirian pribadi itu akan mudah goyah, hubungan akan mudah patah, pijakan dan isi situasi pendidikan akan runtuh serta tidak menjadi tentu arah.

Sebagaiman Plato telah menyatakan dengan sentuhan cinta, seseorang bisa menjadi sosok pujangga. Begitu juga dengan guru. Guru harus menjadi sosok humanis yang menghormati anak. Yang mana ciri-ciri guru yang humanis yang telah diungkapkan oleh Paterson adalah

  1. ketulusan
  • bicara juju, apa adanya, terus terang, tidak menyembunyikan perasaan, tidak memproyeksikan perasaannya kepada orang lain, atau menyalahkan orang lain serta mau memikul tanggung jawab atas perasaannya itu.
  • Berbagi pendapat secara terbuka
  • Tidak membuat siswa takut, tetapi juga tidak memudahkan persoalan dengan cara menyembunyikan sesuatu (misalnya manusia yang menakutkan) terhadap siswa.
  1. penghargaan terhadap siswa sebagai suatu pribadi
  • menerima siswa apa adanya
  • peduli dan penuh sikap memelihara dengan memahami kekuatan dan kekurangan siswa, mengakui siswa bahwa pada dasarnya baik dan mampu berkembang.
  1. pemahaman secara empatik terhadap siswa
  • memahami kondisi siswa dengan memperhatikan data pribadi siswa.
  • Mampu memposisikan diri pada posisi siswa da sensitive terhadap kondisi siswa.

Cirri-ciri inilah yang merupakan aktualisasi kasih sayang guru tehadap siswanya yang penuh nuansa kasih sayang psiko-sosial dinamik  yang membesarkan dan mengembangkan dan jauh dari nuansa psiko seksul romantic yang bermaksud menikmati dan memiliki.

Kasih sayang dan kelembutan ini merupakan susasana yang menyejukkan dalam hubungan antara pendidik dan peserta didik. Dengan kasih sayang dan kelembutan kedekatan hubungan antara pendidik dan peserta didik akan terjaga dan produktif.

Kegiatan kanti kasih sayang dan anti kelembutan dalam bentuk kekerasan, amarah, arogansi, kemunafikan, atau perlakuan yang secara lansung ataupun tidak lansung, dalam bentuk lisan, psikis / fisik dan hubungan social, nyata atau terselubung, merugikan dan atau menyulitkan dan mengurangi hak-hak pendidikan peserta didik merupakan malapraktik dalam pendidikan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: