Beranda » Uncategorized » metode berkaryawisata

metode berkaryawisata

Metode karyawisata anak TK :

Karyawisata merupakan salah satu metode melaksanakan kegiatan pengajaran di taman kanak-kanak dengan cara mengamati dunia sesuai dengan kenyataan yang ada secara lansung yang meliputi manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan benda-benda lainnya.

Manfaat karyawisata bagia anak TK adalah :

  • Karya wisata bagi anak TK dapat dipergunakan merangsang minat mereka terhadap sesuatu, memperluas informasi yang telah dipeoleh di kelas, memberikan pengalaman mengenai kenyataan yang ada, dan dapat menambah wawasan.
  • Mendapat kesempatan bagi anak untuk menumbuhkan minta tentang sesuatu hal, misalnya untuk mengembangkan minat tentang dunia hewan, anak dibawa kekebun binatang.
  • Dapat membantu anak berfikir secara konvergen (menggunakan informasi sebangai dasar untuk problem solving) dan berfikir secara divergen (bermcam informasi yang didapat anak dalam mencari cara baru dari problem solving)
  • Kaya akan nilai edukasi, karna dapat meningkatkan kemampuan social, sikap, dan nilai-nilai kemasyarakatan pada anak.
  • Dapat membantu perkembangan social pada anak.
  • Meningkatkan perbendaharaan, pengetahuan, memperluas wawasan, meningkatkan hidup masyarakat, penghargaan terhadap karya dan jasa.

Tujuan karyawisata bagi anak TK, yaitu :

  1. Bila berkaryawisata ke kebun, maka tujuan yang dapat diperoleh adalah anak memperoleh pemahaman penuh tentang macam-macam tanaman, fungsi anaman, cara menanam, cara memelihara, bagian tanaman, informasi macam-macam tanaman.
  2. Bila berkaryawisata ke berbagai profesi, anak dapat mengamati lansung pekerjaan dokter, tukang pos, pedagang, dan anak juga memperoleh informasi lansung tentang bermacam pekerjaan.
  3. Bila berkaryawisata ke pantai atau pegunungan, anak memperoleh pemahaman penuh tentang keadaan lingkungannya, tata cara kehidupan, mata pencarian anggota masyarakat yang tinggal disitu.

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: